Kemenkes Siapkan 57 Ton Obat untuk Jamaah Haji

Selasa, 25 Juli 2017 - 19:18 WIB
Kemenkes Siapkan 57 Ton Obat untuk Jamaah Haji
Kemenkes Siapkan 57 Ton Obat untuk Jamaah Haji
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Pusat Kesehatan Haji Indonesia telah menyiapkan 57 ton obat-obatan, di mana obat tersebut disedikan untuk mendukung pelayanan kesehatan jamaah haji Indonesia di Arab Saudi.

"Obat memang beratnya 57 ton, kemarin sudah sampai ke Makkah. Sudah di klinik di Makkah. Jumlah dusnya 3.680," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Dr dr Eka Jusup Singka M.Sc di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Persiadaan obat disesuaikan dengan pola masalah kesehatan yang kerap terjadi pada jamaah haji pada tahun sebelumnya. Selain itu, obat-obatan tersebut juga berdasarkan kondisi kesehatan jamaah haji, mulai vitamin obat batuk hingga obat kejiwaan.

"Obat ini berdasarkan karakteristik jamaah haji dan sesuai dengan kondisi di Arab, musim panas. Ada untuk hipertensi, jantung, obat batuk, vitamin, olarit, obat-obat psikologi dan kejiwaan juga ada," jelasnya.

Nantinya obat-obatan tersebut akan dibagikan kepada petugas medis yang bertugas di tiap kloter (kelompok terbang) dan akan membawa persediaan obat yang dibagi dalam 507 kotak obat. "Ini lengkap semua ada (obat lengkap) dan dibagi menjadi 507 kotak obat, " pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6296 seconds (0.1#10.140)